Dampak Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Menurut Perspektif Psikologi
DOI:
https://doi.org/10.30631/al-tarqiyah.v6i2.59Abstract
Artikel ini berusaha untuk mengetahui apakah terdapat dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan akibat penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari perspektif psikologi. Tujuan yang ingin dicapai ialah memaparkan dampak positif dan negatif terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Arab ditinjau dari perspektif psikologi. Teknologi memang telah banyak dipakai dalam proses pembelajaran termasuk pembelajaran bahasa Arab, karena teknologi dapat memudahkan dan membuat pembelajaran menjadi lebih efektif. Selain itu dengan menggunakan teknologi dalam aktifitas pembelajaran membuktikan bahwa dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Namun disamping itu, dalam pemanfaatannya teknologi pasti memiliki dampak psikologis bagi penggunaanya. Hasil dari penelitian ini ialah bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab dapat berpengaruh bagi psikologis anak atau siswa. Dampak postif yag dapat kita lihat yaitu anak menjadi lebih bersemangat karena merasa mudah dan menyenangkan mempelajari bahasa Arab dengan teknologi yang didukung oleh penyajian yang kreatif dari guru, dapat meningkatkan motivasi belajar bagi siswa, dapat memudahkan anak berkomunikasi dengan teman baik bertanya ataupun berdiskusi tentang pelajaran tanpa harus bertemu secara langsung. Dampak negatifnya yaitu hadirnya teknologi ini dapat menggeser peran dan bahkan bisa menjadi pengganti guru karena anak bisa belajar dimana saja dan kapan saja secara mandiri tanpa harus adanya guru, memungkinkan anak bersikap apatis, acuh tak acuh, bisa membuat anak menjadi kecanduan, dapat mengurangi aspek kelekatan antra guru dan murid karena pembelajaran yang dilakukan tidak secara langsung.
Abstract
Artikel ini berusaha untuk mengetahui apakah terdapat dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan akibat penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari perspektif psikologi. Tujuan yang ingin dicapai ialah memaparkan dampak positif dan negatif terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Arab ditinjau dari perspektif psikologi. Teknologi memang telah banyak dipakai dalam proses pembelajaran termasuk pembelajaran bahasa Arab, karena teknologi dapat memudahkan dan membuat pembelajaran menjadi lebih efektif. Selain itu dengan menggunakan teknologi dalam aktifitas pembelajaran membuktikan bahwa dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Namun disamping itu, dalam pemanfaatannya teknologi pasti memiliki dampak psikologis bagi penggunaanya. Hasil dari penelitian ini ialah bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab dapat berpengaruh bagi psikologis anak atau siswa. Dampak postif yag dapat kita lihat yaitu anak menjadi lebih bersemangat karena merasa mudah dan menyenangkan mempelajari bahasa Arab dengan teknologi yang didukung oleh penyajian yang kreatif dari guru, dapat meningkatkan motivasi belajar bagi siswa, dapat memudahkan anak berkomunikasi dengan teman baik bertanya ataupun berdiskusi tentang pelajaran tanpa harus bertemu secara langsung. Dampak negatifnya yaitu hadirnya teknologi ini dapat menggeser peran dan bahkan bisa menjadi pengganti guru karena anak bisa belajar dimana saja dan kapan saja secara mandiri tanpa harus adanya guru, memungkinkan anak bersikap apatis, acuh tak acuh, bisa membuat anak menjadi kecanduan, dapat mengurangi aspek kelekatan antra guru dan murid karena pembelajaran yang dilakukan tidak secara langsung.